Tips

Jajak Pendapat Debut Film Layar Kaca 21

Setelah 50 tahun berada di puncak polling Sight & Sound, film debut Orson Welles telah berhasil digulingkan oleh fitur ke-45 dari Alfred Hitchcock, berjudul Vertigo dan dengan 34 suara, dibandingkan dengan lima yang memisahkannya satu dekade yang lalu. Jadi apa maksudnya? Mengingat bahwa Citizen Kane benar-benar mencatat lebih dari tiga kali jumlah suara tahun ini seperti yang terjadi pada masa lalu, namun tidak diperhatikan oleh jumlah pemilih yang jauh lebih besar yang ambil bagian dalam jajak pendapat baru ini, yang telah menyebar bersih jauh lebih luas daripada yang ada di sana enam pendahulunya.

Tapi itu berarti bahwa Hitchcock, yang baru masuk sepuluh besar pada tahun 1982 (dua tahun setelah kematiannya), telah meningkat dengan pasti selama 30 tahun, dengan Vertigo naik dari tempat ketujuh, ke posisi keempat pada tahun 1992, kedua pada tahun 2002 dan sekarang dulu, untuk menjadikannya Tuan Tua. Welles, secara unik, memiliki dua film (The Magnificent Ambersons dan juga Kane) dalam daftar pada tahun 1972 dan 1982, namun sekarang Ambersons telah tergelincir ke posisi 81 di posisi 100 teratas.

Jadi, 2012 dengan jajak pendapat pertama yang akan dilakukan sejak internet menjadi saluran komunikasi utama yang hampir pasti tentang layar kaca 21 menandai sebuah revolusi dalam rasa, seperti yang terjadi pada tahun 1962? Saat itu sebuah film baru, Antonioni’s L’avventura, berkubah ke posisi kedua. Jika akan ada yang setara hari ini, mungkin itu adalah The Tree of Life Malick, yang hanya melakukan polling satu suara kurang dari judul terakhir di 100 teratas. Sebenarnya film tertinggi dari abad baru adalah Wong Kar-wai’s In Mood for Love, baru berusia 12 tahun, sekarang berbagi slot 24 bersama dengan Dreyer’s Ordet yang terhormat. Esai Ian Christie tentang perubahan mode pada jajak pendapat baru kami diterbitkan dalam Sight & Sound edisi September 2012.